luka pasca operasi caesar

Proses pemulihan pasca operasi perlu difokuskan pada penyembuhan luka. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa menggunakan Obat untuk mempercepat penyembuhan luka agar lebih cepat kering. Akan tetapi, cara itu saja tidak cukup, karena Anda juga perlu mengetahui berbagai langkah Perawatan luka operasi Caesar agar dapat mencegah infeksi. Untuk itulah, hal-hal berikut ini penting untuk disimak agar pencegahan bisa berjalan secara optimal.

Waspada diare

Salah satu cara untuk mencegah infeksi pada luka bekas operasi adalah dengan memperhatikan seberapa sering frekuensi buang air besar yang Anda lakukan. Sebab, frekuensi buang air besar yang tidak lancar merupakan salah satu pertanda Anda mengalami infeksi.

Ketika memiliki luka pasca operasi, Anda perlu berhati-hati dengan apapun yang berbeda pada tubuh Anda. Sebab, ketika ada yang tidak normal, bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda Anda tengah mengalami infeksi. Diare misalnya, merupakan salah satu pertanda infeksi yang perlu diwaspadai terutama setelah minum antibiotic. Terutama, jika diare terjadi selama 3 kali dalam 24 jam.

Jangan sentuh area tubuh yang dioperasi

Setelah operasi, luka bekas operasi tentu akan mengganjal Anda dan merasa tidak nyaman. Luka bekas operasi merupakan hal yang sangat mengganjal dalam proses pemulihan pasca operasi. Pada kondisi tersebut, luka operasi perlu dijaga betul agar tidak mengalami infeksi. Salah satunya yakni dengan melindungi area tubuh yang telah dioperasi.

Untuk melindungi area tubuh yang dioperasi, maka sebaiknya janganlah menyentuh area tubuh tersebut. Sebab, menyentuh area luka bekas operasi bisa menyebabkan perpindahan bakteri atau kuman dari tangan ke luka. Setelah bakteri masuk ke luka, hal tersebut bisa berpotensi menjadikan luka mengalami infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sentuh area tubuh yang akan dioperasi setelah atau sebelum operasi untuk meminimalisir terjadinya infeksi.

Disamping mengetahui langkah pencegahan infeksi agar tidak terjadi pada luka bekas operasi, penting juga untuk rutin membaca info kesehatan terupdate dan terpercaya. Info kesehatan dari guesehat bisa menjadi pilihan terbaik karena terpercaya dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu, siapkan juga obat lacidofil untuk diare sachet yang dibutuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here