pentingnya memiliki npwp

NPWP adalah nomor unik yang wajib dimiliki oleh tiap-tiap warga negara Indonesia yang menjadi wajib pajak. Nomor ini yang akan menjamin bahwa pajak yang dibayarkan tidak tertukar dengan pajak yang dibayarkan oleh wajib pajak lain. Syarat yang diperlukan untuk mendapat NPWP tidaklah susah. Justru sudah dimiliki dan hanya perlu diajukan saja. Bahkan saat ini pemerintah melalui dirjen pajak telah memberikan kemudahan dalam pembuatan NPWP dengan menyediakan pelayanan secara online melalui [email protected]

Penjelasan Singkat NPWP

Nomor pokok wajib pajak atau biasa dikenal dengan NPWP, adalah suatu identitas atau tanda pengenal wajib bagi pajak yang diserahkan kepada Direktorat Jenderal Pajak. Hal ini tercantum dalam pasal 1 ayat 1 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). NPWP terdiri dari 15 butir angka sebagai kode unik. Kode unik ini yang akan menjamin data perpajakan yang kita miliki tidak tertukar dengan subjek wajib pajak lain.

Terdapat lima jenis golongan yang wajib memiliki NPWP, yaitu orang pribadi, wajib pajak badan, bendahara yang ditunjuk sebagai yang memotong atau memungut pajak yang disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, dan wajib pajak pribadi.

Persyaratan

Ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar NPWP. Syarat-syarat tersebut adalah:

  • Bagu wajib pajak pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas adalah KTP bagi WNI, atau paspor dan KITAS / KITAP bagi WNA.
  • Bagi wajib pajak pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas adalah KTP bagi WNI, atau paspor dan KITAS / KITAP bagi WNA, serta dokumen izin kegiatan usaha yang diterbitkan oleh intstansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari pejabat pemerintah daerah, sekurang-kurangnya dari lurah atau kepala desa.

Fungsi NPWP

NPWP memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai sebuah sarana administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal wajib pajak untuk menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya, menjaga ketaatan dalam pembayaran pajak dan pengawasan administrasi. NPWP juga memiliki beberapa manfaat, yaitu wajib pajak akan terhindar dari sanksi hukum dan wajib pajak akan terhindar dari kenaikan tarif sebesar 20% untuk pemotongan PPh.

NPWP adalah salah satu bagian dari urusan administrasi sebuah usaha. Selain NPWP, banyak persoalan  administrasi lain yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha, seperti pencatatan dan pembukuan kegiatan usaha. Namun, anda tidak perlu khawatir, karena di zaman yangs erba mudah ini, telah ada software atau aplikasi yang dapat memfasilitasi kebutuhan anda.

BukuKas adalah aplikasi yang tepat. Aplikasi ini telah digunakan oleh ratusan pengusaha dalam skala besar, kecil , maupun menengah untuk memfasilitasi berbagai transaksi keuangan. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti fitur pencatatan hutang.  Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk pencantatan akuntansi UKM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here