luka operasi caesar

Proses persalinan dapat dilakukan melalui dua proses yakni antara proses secara normal maupun caesar. Bagi Anda yang ingin melakukan operasi caesar, ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu Anda ketahui. Berikut ini beberapa diantaranya.

Bisakah bekas luka hilang?

bisakah bekas luka operasi caesar hilang

Mayoritas ibu yang melahirkan dalam kondisi caesar tentu akan bertanya apakah bekas luka setelah operasi bisa dihilangkan atau tidak. Hal ini merupakan hal yang wajar mengingat setiap ibu tentu ingin tetap terlihat cantik dan ingin kulitnya tetap kencang setelah melahirkan. Sayangnya, bekas luka pasca operasi caesar tidak dapat hilang dengan sempurna.

Setelah melakukan operasi, bekas luka operasi tidak bisa hilang secara total. Meskipun demikian, Anda tetap bisa meminimalisir bekas luka operasi menjadi garis tipis yang memanjang hingga tersamarkan. Namun, meskipun menggunakan krim-krim yang diklaim mampu memudarkan bekas luka, Anda perlu mengetahui bahwa bekas luka tidak akan hilang sepenuhnya.

Pentingnya penyesuaian Pakaian

Agar bekas luka pasca operasi caesar bisa sembuh dengan sempurna, Anda perlu memilih pakaian yang tepat. Pakaian perlu diperhatikan betul karena sangat menentukan proses penyembuhan luka pasca operasi. Sebab, pakaian bisa membuat luka semakin lama mengering atau bahkan bisa memperburuk luka bekas operasi caesar di perut Anda.

Dalam memilih pakaian, usahakan untuk memilih pakaian yang tidak terlalu ketat. Pilihlah pakaian yang lebih longgar untuk meminimalisir risiko luka menjadi lecet hingga berpotensi menjadi iritasi. Pilih juga pakaian dengan bahan yang licin agar bekas luka tidak menempel dan memperlambat proses pengeringan luka. Dengan memilih pakaian yang tepat, luka bekas operasi bisa kering lebih cepat dan Anda juga akan merasa nyaman dengan pakaian tersebut.

Itulah dua hal seputar perawatan luka operasi caesar yang perlu Anda ketahui. Setelah melakukan operasi, Anda perlu berhati-hati dan menjaga betul pola hidup sebaik mungkin serta minum domperidone untuk meningkatkan asi sesuai dengan resep dokter. Sebab, hal tersebut akan sangat mempengaruhi proses penyembuhan luka pasca operasi apakah akan berjalan lebih cepat atau justru luka lama sembuh. Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here