menu sarapan penderita diabetes

Sarapan adalah waktu makan terpenting dalam satu hari. Karena itu, menu sarapan harus berisi makanan yang sehat dan bernutrisi. Tak cuma bagi orang sehat, aturan ini juga berlaku bagi penderita diabetes.

Namun, tak jarang penderita penyakit diabetes melakukan beberapa kesalahan terkait sarapan. Berikut beberapa kesalahan saat sarapan yang kerap dilakukan penderita diabetes.

  • Melewatkan protein

Kesalahan ini mungkin terdengar sepele, tapi sering terjadi. Dengan alasan tidak cukup waktu, sarapan biasanya hanya diisi dengan menu seadanya. Terkadang, menu sarapan malah hanya terdiri dari satu sumber makanan. Misalnya hanya mengonsumsi karbohidrat saat sarapan. Ini adalah buruk, sebab karbohidrat dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh.

  • Tidak sarapan

Beberapa orang bahkan sengaja melewatkan sarapan. Akan tetapi, hal itu tak boleh dilakukan jika Anda menderita diabetes. Saat melewatkan sarapan, kadar gula darah akan menjadi lebih tinggi di siang hari. Kondisi ini dapat memengaruhi kesehatan dan membuat gula darah dalam tubuh sulit untuk dikendalikan.

  • Menganggap makanan bebas lemak adalah yang terbaik

Seperti dikutip dari The Diabetes Council, pemilihan makanan bebas lemak tidak melulu solusi bagi penderita diabetes. Sebab, beberapa makanan bebas lemak malah mengandung kalori yang lebih tinggi. Selain itu, lemak juga berfungsi membantu memperlambat pembakaran karbohidrat dan protein, sehingga gula darah akan lebih bisa dikontrol.

  • Sarapan tidak mengandung serat

Jika mengurangi asupan karbohidrat, secara tidak sengaja Anda juga telah memangkas asupan serat. Padahal, serat memiliki banyak manfaat bagi penderita diabetes, yaitu membuat Anda merasa kenyang lebih cepat, sehingga menghindari makan berlebihan. Serat juga tidak memiliki dampak bagi gula darah Anda serta dapat berperan menurunkan kolesterol.

  • Kopi saat sarapan
kopi saat sarapan

Bagi sebagian orang, pagi hari belum lengkap tanpa secangkir kopi. Minuman berkafein memang tidak berbahaya. Hanya cara, penyajiannya terkadang menjadikan kopi berdampak buruk, misalnya dengan menambahkan gula atau krim terlalu banyak.

Karena itu, jangan lagi melewatkan waktu sarapan, terlebih bila Anda penderita diabetes. Anda bisa mengatur menu sarapan dengan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serta serat. Anda dapat minta bantuan ahli gizi atau dokter untuk mengatur menu sarapan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here