angioplasti penyakit jantung

Tahukah bahwa tidak banyak orang mengetahui tentang angioplasti, padahal itu bisa jadi pertolongan pada penderita penyakit jantung. Jika kamu belum tahu yuk simak penjelasan lengkap tentangnya. Angioplasti adalah suatu prosedur untuk membuka penyumbatan ataupun penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah. Caranya dengan memasukan balon kecil pada bagian pembuluh darah yang tersumabt. Tujuannya untuk memperlancar aliran darah pada jantung.

Metode ini sebenarnya sudah sangat lumrah dilakukan pada penderita penyakit jantung terutama yang berusia lanjut. Itu karena hal tersebut mampu menurunkan risiko serangan jantung lanjutan pada pasien. Prosedur angioplasti ini juga kerap dilakukan bersama dengan pemasangan ring untuk membuka dinding pembuluh darah yang menyempit.

Prosedur kesehatan ini sudah mulai dikenal sejak tahun 1977an. Dalam dunia medis biasa disebut dengan nama percutaneous transluminal coronary angioplasty (PTCA).  Bagi pengidap penyakit jantung koroner, medis banyak menyarankan dan mengambil langkah ini pada para pesien penderita jantung koroner.

Tapi perlu dan penting untuk diketahui bahwa waktu juga jadi pertimbangan penting dalam prosedur yang satu ini. Yaitu dimana penanganan penyakit jantung efektif dilakukan tidak lebih dari 24 jam setelah serangan jantung. Jadi penanganan cepat pada penderita penyakit jantung lebih cepat adalah lebih baik. Sehingga tidak menjadi lebih buruk seperti gagal jantung dan komplikasi lainnya.

Setelah hadirnya metode angioplasti, medis lebih banyak melakukan ini pada pasien penyakit jantung serta berhasil menyelamatkan banyak nyawa. Itu karena ini merupakan cara yang efisien dan cepat kembali mengalirkan darah ke jantung dengan baik. Semakin cepat aliran darah membaik maka dapat mengurangi risiko kerusakan otot jantung.

Meski proses pelaksanaan angioplasti masuk dalam kategori operasi besar, namun tidak separah operasi bypass jantung. Sebelum pelaksanaannya biasanya akan ada serangkaian tes terlebih dahulu. Saat pelaksanaan biasanya pasien hanya akan mendapat bius lokal saja. Lalu proses dilakukan dengan melakukan sayatan pada lengan atau pangkal paha dan kemudian memasukkan kateter dengan balon kecil diujungnya.

Pasca angioplasti pun mungkin dokter tidak terlalu melarang banyak hal seperti pasca operasi besar. Pasien hanya akan dirawat inap satu malam saja dan kemudian diperbolehkan pulang. Dokter akan memberi obat  dan memberikan pantangan-pantangan apa saja yang tidak boleh dilakukan, salah satunya mengangkat beban berat. Pasien sudah bisa melakukan aktivitas normal setelah seminggu kemudian.

Selain memberikan obat yang sesuai, dokter tentu juga akan menyarankan pasiennya untuk mengubah pola gaya hidup. Ini adalah kunci penting untuk tetap sehat dan menjaga jantungmu. Bagi pasien perokok, dokter pasti akan melarang dengan keras. Berolahraga dan menjaga pola makan juga wajib dilakukan. Itu akan membantu menjaga tekanan darah tetap rendah dan mengurangi risiko serangan jantung selanjutnya dikemudian hari.

Meskipun angioplasti merupakan metode kesehatan yang sudah banyak dilakukan oleh dunia kesehatan buukan berarti tanpa risiko. Cukup banyak risiko yang bisa ditimbulkan dari metode ini. seperti reaksi alergi akibat bahan kontras yang digunakan saat prosedur, detak jantung yang terlalu cepat atau terlalu lambat saat menjalani angioplasti, dan kerusakan pembuluh darah pada jantung saat prosedur dilakukan. Hal lain yang juga bisa terjadi adalah pendarahan pada bagian sayatan, kemudian serangan jantung saat melakukan prosedur, gangguan pada ginjal, lalu terjadi stroke akibat plak yang terlepas dari kateter dan menyumbat pembuluh darah otak.

Meski telah melakukan angioplasti tidak bisa mencegh kembali terjadinya penyempitan pembuluh darah meski kemungkinannya hanya 30%. Terjadinya gumpalan darah pada ring,  yang kemudian bisa menyebabkan serangan jantung dan kematian juga tetap menjadi risiko yang tidak terelakkan. Namun jika kamu atau keluarga terdekatmu menjadi penderita penyakit jantung koroner. Langkah metode tersebut bisa sangat membantu kesembuhanmu dan kembali beraktivitas normal. Ingatlah untuk tetap jaga pola hidup meski sudah kembali sehat. Kesehatanmulah yang menjadi asset utama dalam hidup untuk terus disyukuri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here