gejala dismenore saat haid

Periode menstruasi terdiri dari penumpahan sel telur, darah, dan jaringan lapisan rahim yang tidak dibuahi. Sangat normal untuk kombinasi ini memiliki sedikit bau setelah keluar dari vagina. Ini kemungkinan besar terkait dengan zat vagina itu sendiri, tetapi bakteri dan keasaman juga dapat berperan.

Bau apa pun yang mungkin kamu perhatikan selama periode menstruasi kamu juga dapat berfluktuasi. Masa-masa menstruasi “sehat” dapat memiliki sedikit bau darah. Mereka bahkan mungkin memiliki sedikit bau logam dari besi dan bakteri.

Secara umum, bau period mens tidak terlihat oleh orang lain. Menjaga kebersihan yang baik juga dapat memerangi bau haid yang normal dan membuat kamu lebih nyaman selama menstruasi. Bau yang kuat dari “bawah sana” dapat menyebabkan kekhawatiran, karena itu bisa menjadi tkamu infeksi. Dalam kasus seperti itu, bau tersebut disertai dengan gejala lain seperti keputihan atau nyeri panggul atau dismenore adalah gejala menstruasi normal. Masa menstruasimu dapat menghasilkan bau, yang bahkan mungkin berbeda dari bulan ke bulan.

Bau yang kuat kemungkinan karena darah dan jaringan yang keluar vagina bersama dengan bakteri. Normal bagi vagina untuk memiliki bakteri, meskipun jumlahnya dapat berfluktuasi. Bau busuk yang dihasilkan dari bakteri bercampur dengan aliran menstruasi seharusnya tidak cukup kuat untuk dideteksi oleh orang lain. Kamu mungkin dapat mengendalikan bau seperti itu dengan sering mengganti pembalut dan tampon, terutama selama hari-hari yang deras.

Bau “busuk” dapat terjadi ketika tampon atau pembalut dibiarkan terlalu lama atau dilupakan. Ini dapat terjadi pada akhir periode, ketika kamu tidak harus memasukkan tampon baru sesering saat menstruasi sedang banyak. Jika menstruasi kamu berbau dan kamu melihat gejala yang tidak biasa, kunjungi dokter kamu. Mungkin ada hal lain yang terjadi.

Beberapa wanita melaporkan bau “amis” selama menstruasi. Tidak seperti bau umum lainnya, sifat mencurigakan biasanya menunjukkan masalah medis yang perlu kamu periksa ke dokter. Bau ini paling sering dikaitkan dengan bakteri vaginosis, sejenis infeksi. Ini juga jauh lebih kuat dari bau periode normal. Walaupun sebagian besar bau pertanda normal, beberapa mungkin merupakan tanda-tanda infeksi. Dokter juga dapat mengidentifikasi atau mengesampingkan kondisi yang lebih serius, seperti penyakit radang panggul. Jangan lupa untuk menggunakan heater pads dari ifreeindonesia.com ketika kamu mengalami nyeri perut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here