Mesin jahit digunakan untuk menjahit pakaian maupun untuk produk desain baju lainnya dan model mesin jahit ini tergantung pada kegunaannya dalam cakupan yang besar atau kecil. Mesin jahit ini lebih memiliki fungsi yang lengkap dan mudah untuk dioperasikan dibandingkan dengan mesin jahit manual. Mesin ini juga dibekali dengan kemampuan khusus untuk membuat jahitan zigzag, membuat kancing dan mampu membuat bordir secara manual. Mesin ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan ringan sehingga dapat dipindahkan. Untuk harga mesin jahit mini ini cukup beragam ada yang murah, terjangkau dan mahal. Biasanya digunakan untuk keperluan rumah tangga dan industri kecil.

 

Mesin jahit mini sudah terdapat pada situs belanja online terpercaya dengan mudah. Harga yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan selera penggunanya. Berikut adalah cara merawat mesin jahit mini diantaranya:

 

  • Jarum dan kumparan dikeluarkan terlebih dahulu dan di lap dengan menggunakan kain bersih dan lembut untuk menghilangkan debu yang melekat.
  • Semua bagian mesin di lap dengan bahan kaos.
  • Gunakan minyak pelumas mesin 1 tetes atau 3 tetes pada setiap lubang pelumas yang terdapat pada mesin jahit.
  • Minyak pelumas yang digunakan khusus untuk mesin jahit dan sebaiknya coba menjahit dengan kain yang tidak terpakai untuk memastikan bekas minyak hilang dan bersih.
  • Lakukan pembersihan pada mesin jahit sebelum dan sesudah dipakai.

 

Beberapa cara diatas perlu diperhatikan supaya mesin jahit mini tetap awet dan tahan lama dalam penggunaannya. Mesin jahit mini juga dapat diperbaiki dengan beberapa langkah mudah. Terutama bagi pemula yang sering melakukan kesalahan kecil seperti hasil jahitan yang loncat dan skip biasanya karena salah dalam menggunakan jarum, jarum bengkok atau jarum terlalu kecil. Maka perlu menggantinya dengan jarum lainnya yang lebih sesuai dan pastikan tension benang pada pengaturan yang tepat.

 

Berikut adalah beberapa rekomendasi dan harga mesin jahit mini diantaranya:

 

  • Mesin jahit tangan berbentuk strapless mini, harga Rp13.500, untuk memperbaiki jahitan baju yang sobek dan tidak menggunakan listrik atau baterai.
  • Mesin jahit mini S2, harga Rp113.000, dilengkapi dengan 2 benang atas, lampu LED dan pemotong benang dan membutuhkan 4 buah baterai AA atau adaptor 6 Volt.
  • Brother INNOV IS NV 980D, harga Rp12.350.000, dengan 196 jenis jahitan dan 40 jenis karakter Disney dan USB port untuk memasukkan desain bordir.
  • Butterfly JH8190S, harga Rp1.380.000, dengan lampu LED, 11 jahitan, 1 jahitan untuk lubang kancing.
  • Jui HZL 12Z, harga Rp1.550.000, dengan 7 jenis jahitan dan 1 jenis lubang kancing dan membutuhkan daya listrik 35 watt.

 

Beberapa rekomendasi untuk mesin jahit mini diatas sudah terdapat pada situs belanja online terpercaya dengan mudah. Untuk harganya memang cenderung murah dan mahal tergantung pada jenis model mesin jahit yang dipilih. Untuk mesin jahit dengan harga yang murah biasanya untuk menjahit ringan dan memiliki bobot mesin yang ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. Untuk perawatan mesin jahit dapat diaplikasikan pada berbagai jenis mesin jahit yang digunakan.

 

Harga mesin jahit mini sudah sesuai dengan merek dan kualitasnya yang diberikan. Saat menjahit pastikan bahan kain yang dijahit dengan jarum sudah sesuai sehingga tidak akan membuat jarum menjadi patah. Jika saat menjahit bahan yang dijahit mengkerut maka pastikan pemilihan tension benang yang tepat. Beberapa masalah ini dan penyelesaian ini dapat diperbaiki dengan mudah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here