Bagi beberapa orang merasa lebih suka membuat sendiri brownies kukus pandan ketimbang membelinya dari toko kue di situs belanja online maupun offline. Sebab dengan membuat sendiri tentu memberi solusi untuk berhemat karena saat membuat satu resep bisa disantap seluruh keluarga, bahkan selama beberapa hari ke depan. Selain itu juga dijamin lebih sehat karena sudah memilih bahan adonan terbaik untuk menghasilkan brownies kukus berkualitas sekaligus menyehatkan.

 

Ketika disantap dijamin terasa segar karena baru selesai dimasak di atas kompor sendiri, sementara di bakery bisa jadi sudah menginap sehari atau lebih. Anda yang berencana membuat sendiri olahan brownies yang dikukus ini bisa mencari resepnya di internet, tabloid, dan media informasi lainnya. Kemudian belanja semua jenis bahan yang diperlukan, usahakan mencari toko bahan kue terbaik agar adonan yang dibuat bisa lebih sempurna dan sesuai resep serta rasa dan tampilan browniesnya memuaskan.

 

Kiat Sukses Membuat Brownies Kukus

 

Meskipun membuat brownies jauh lebih mudah ketimbang jenis kue lainnya, tetap saja ada resiko untuk gagal terlebih jika sembrono saat membuat adonan maupun saat mengukusnya. Maka simak beberapa kiat berikut agar brownies perdana Anda sukses:

 

  1. Paham tahapan dalam membuat adonan,

Kalau membuat sendiri besar kemungkinan rasanya tidak senikmat saat belanja online kue brownies ini. Namun, asalkan proses pembuatan adonannya tepat maka dijamin rasanya pun berkualitas. Yakni diawali dengan mengocok gula dan telur hingga berbusa agar rasa manisnya maksimal.

 

  1. Siapkan kukusan dan loyang yang mendukung,

Jenis kukusan yang mendukung akan memberikan brownies kukus pandan yang sempurna, sehingga jangan asal. Kalau bisa diusahakan carilah kukusan berbentuk segitiga, sebab tutup yang meruncing di bagian atas membantu mengatasi uap air agar tidak menimpa adonan brownies saat dikukus. Kalau sulit menemukannya minimal Anda tambahkan serbet di tutup kukusan, lalu gunakan loyang yang tidak terlalu tinggi agar adonan matang sempurna.

 

  1. Baiknya kukusan dipanaskan terlebih dahulu,

Untuk menghasilkan brownies kukus yang lembut serta matang dengan sempurna maka kukusan baiknya dipanaskan terlebih dahulu. Gunakan api kecil sehingga sembari menunggu kukusan agak panas Anda bisa membuat adonan. Saat adonan sudah siap dimasukkan ke dalam kukusan maka sudah panas, sehingga tidak perlu menunggu lagi. Tempatkan loyang di dalam kukusan lalu tuang adonan brownies ke dalamnya, dijamin hasilnya lembut dan tidak bantat.

 

  1. Atur api kompor supaya nyalanya kecil,

Mengukus adonan kue jenis apapun, termasuk brownies jenis pandan, baiknya selalu menggunakan api yang kecil. Mengapa? Salah satu alasan utamanya adalah untuk memastikan seluruh adonan di dalam loyang matang dengan sempurna. Sebab kalau api terlalu besar bagian pinggir sudah matang namun yang tengah masih mentah, kalau dikukus ulang maka bagian tepinya menjadi gosong. Kemudian ada resiko adonan di dalam loyang menjadi retak sehingga bentuknya tidak cantik lagi.

 

  1. Simpan dengan benar agar tetap segar,

Kue yang dikukus maupun dipanggang bisa bertahan lebih dari sehari, asalkan disimpan dengan benar. Brownies kukus pun demikian sebab asalkan disimpan ke wadah bersih dan kedap udara lalu dimasukkan ke dalam kulkas. Brownies ini aman disantap selama seminggu, kalau disimpan di suhu ruang maksimal bertahan selama tiga hari saja. Jadi Anda bisa memanfaatkan akhir pekan untuk membuat resep brownies kukus pandan dan dinikmati sampai akhir pekan berikutnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here